Jesus Our Yearning!

9 Desember 2015

Rabu Pekan Adven II (U)


Bacaan Pertama
Yes 40:25-31

"Tuhan yang mahakuasa memberi kekuatan kepada yang lelah."

Pembacaan dari Kitab Yesaya:

Yang Mahakudus berfirman, 
"Dengan siapa kalian hendak menyamakan Daku? 
Siapa yang setara dengan Daku? 
Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah! 
Siapa yang menciptakan semua bintang itu? 
Siapa yang menyuruh mereka keluar seperti tentara, 
sambil memanggil nama mereka masing-masing? 
Tidak ada satu pun yang tak hadir, 
sebab Dia itu mahakuasa dan mahakuat. 

Hai Yakub, hai Israel, mengapa engkau berkata begini, 
"Hidupku tersembunyi dari Tuhan, 
dan hatiku tidak diperhatikan Allahku?" 
Tidakkah engkau tahu, dan tidakkah engkau mendengar? 
Tuhan itu Allah yang kekal, yang menciptakan alam semesta. 
Tuhan tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu. 
Pengertian-Nya tidak terduga. 
Tuhan memberi kekuatan kepada yang lelah 
dan menambah semangat kepada mereka yang tidak berdaya. 
Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu 
dan teruna-teruna jatuh tersandung. 
Tetapi orang yang menanti-nantikan Tuhan 
mendapat kekuatan baru. 
Mereka seumpama rajawali 
yang terbang tinggi dengan kekuatan sayapnya. 
Mereka berlari dan tidak menjadi lesu. 
Mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 103:1-4.8-10,R:1a

Refren: Pujilah Tuhan, hai jiwaku!

*Pujilah Tuhan, hai jiwaku! 
Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! 
Pujilah Tuhan, hai jiwaku, 
janganlah lupakan akan segala kebaikan-Nya!

*Dialah yang mengampuni segala kesalahanmu, 
yang menyembuhkan segala penyakitmu! 
Dialah yang menebus hidupmu dari liang kubur, 
dan memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat! 

*Tuhan adalah pengasih dan penyayang, 
panjang sabar dan berlimpah kasih setia. 
Tidak pernah Ia memperlakukan kita setimpal dengan dosa kita, 
atau membalas kita setimpal dengan kesalahan kita.


Bait Pengantar Injil


Tuhan akan datang menyelamatkan umat-Nya.
Berbahagialah orang yang menyongsong Dia.


Bacaan Injil
Mat 11:28-30 

"Datanglah kepada-Ku, kalian yang letih lesu."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Sekali peristiwa bersabdalah Yesus, 
"Datanglah kepada-Ku, 
kalian semua yang letih lesu dan berbeban berat. 
Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, 
karena Aku lemah lembut dan rendah hati. 
Maka hatimu akan mendapat ketenangan. 
Sebab enaklah kuk yang Kupasang, dan ringanlah beban-Ku."

Demikianlah sabda Tuhan

Renungan


"Tuhan yang mahakuasa memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada mereka yang tidak berdaya"
(Yes 40:29)

Tuhan akan memberikan kelegaan
Akhir-akhir ini, saya dihadapkan dengan berbagai masalah dan itu membuat diri saya menjadi tertekan, bingung, sedih, kecewa. Bahkan kemarin saya mengeluh pada Tuhan: "Tuhan, saya lelah dengan semuanya". Akhirnya, saya memutuskan untuk pergi mencari ketenangan seorang diri, menghindari orang lain dan membiarkan diri saya tenang sebelum melanjutkan semuanya karena saya tidak mau membawa perasaan ini ke dalam rumah dan saya berharap besok diri saya menjadi lebih baik. 

Pada pagi hari ketika saya ingin membuat renungan ini, saya sedikit kaget karena bacaan-bacaan hari ini betul-betul menyinggung tentang apa yang saya alami di hari sebelumnya dan saya merasa Tuhan merespon keluhan saya. Memang, saya juga merasa kalau akhir-akhir ini saya agak menjauh dan kurang mengandalkan Tuhan. Namun inilah saat yang tepat dimana Tuhan menginginkan saya agar tetap mengandalkan-Nya. Saya percaya setiap pergumulan yang saya hadapi, saya harus serahkan kepada-Nya karena Tuhan yang mahakuasa memberi kekuatan kepada yang lelah (Yes 40:29).

Semua orang pasti memiliki beban hidup yang harus dipikul. Lelah? Pasti. Namun semuanya pasti akan terasa lega jika kita mau menyerahkan beban kita pada Tuhan Yesus karena Ia akan memberikan kekuatan dan kelegaan pada kita (lih Mat 11: 28) sehingga kita bisa menjadi lebih tenang, semangat, dan lebih kuat dalam menjalani hidup dan berkarya di dunia ini. 

So, jangan putus asa! Tuhan akan menyertai kita. SEMANGAT!!! :)


[BRNDT]

sumber gambar: https://speculationsanjeev.files.wordpress.com/2014/07/avatar.jpg?w=350&h=200&crop=1