Jesus Our Yearning!

24 Juni 2015

HARI RAYA KELAHIRAN ST YOHANES PEMBAPTIS (P)

Bacaan I: Yes 49:1-6
1 Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! TUHAN telah memanggil aku sejak dari kandungan telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku.
2 Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya. Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya.
3 Ia berfirman kepadaku: "Engkau adalah hamba-Ku, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku."
4 Tetapi aku berkata: "Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia dan tak berguna; namun, hakku terjamin pada TUHAN dan upahku pada Allahku."
5 Maka sekarang firman TUHAN, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya -- maka aku dipermuliakan di mata TUHAN, dan Allahku menjadi kekuatanku --, firman-Nya:
6 "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."

Mazmur 139:1-3.13-14ab.14c-15 | R: 13b

Sebab Engkaulah yang menenun aku dalam kandungan ibuku.

* 1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; 2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. 3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.

* 13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. 14ab Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; 

* 14c ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. 15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;

Bacaan II: Kis 13:22-26
22 Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.
23 Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus.
24 Menjelang kedatangan-Nya Yohanes telah menyerukan kepada seluruh bangsa Israel supaya mereka bertobat dan memberi diri dibaptis.
25 Dan ketika Yohanes hampir selesai menunaikan tugasnya, ia berkata: Aku bukanlah Dia yang kamu sangka, tetapi Ia akan datang kemudian dari padaku. Membuka kasut dari kaki-Nya pun aku tidak layak.
26 Hai saudara-saudaraku, baik yang termasuk keturunan Abraham, maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu sudah disampaikan kepada kita.

Injil: Luk 1:57-66.80
57 Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan ia pun melahirkan seorang anak laki-laki.
58 Ketika tetangga-tetangganya serta sanak saudaranya mendengar, bahwa Tuhan telah menunjukkan rahmat-Nya yang begitu besar kepadanya, bersukacitalah mereka bersama-sama dengan dia.
59 Maka datanglah mereka pada hari yang kedelapan untuk menyunatkan anak itu dan mereka hendak menamai dia Zakharia menurut nama bapanya,
60 tetapi ibunya berkata: "Jangan, ia harus dinamai Yohanes."
61 Kata mereka kepadanya: "Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian."
62 Lalu mereka memberi isyarat kepada bapanya untuk bertanya nama apa yang hendak diberikannya kepada anaknya itu.
63 Ia meminta batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini: "Namanya adalah Yohanes." Dan mereka pun heran semuanya.
64 Dan seketika itu juga terbukalah mulutnya dan terlepaslah lidahnya, lalu ia berkata-kata dan memuji Allah.
65 Maka ketakutanlah semua orang yang tinggal di sekitarnya, dan segala peristiwa itu menjadi buah tutur di seluruh pegunungan Yudea.
66 Dan semua orang, yang mendengarnya, merenungkannya dan berkata: "Menjadi apakah anak ini nanti?" Sebab tangan Tuhan menyertai dia.
80 Adapun anak itu bertambah besar dan makin kuat rohnya. Dan ia tinggal di padang gurun sampai kepada hari ia harus menampakkan diri kepada Israel.

Renungan


"Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
(Yes 49:6b)

Santo Yohanes Pembaptis [sumber: http://4.bp.blogspot.com/]
Siapa yang tidak tahu Yohanes Pembaptis? Saya yakin, semuanya tentu tahu siapa dia. Dia adalah seorang Santo yang karyanya sangat luar biasa di dunia. Hari ini kita merayakan hari kelahiran Santo Yohanes Pembaptis. Teman-teman tahu sendiri, Yohanes ini adalah salah satu utusan Allah yang dilahirkan oleh Elisabeth, saudara Maria yang sudah lama menantikan seorang anak hingga memasuki usia lanjut. Yohanes dikenal sebagai pembaptis dengan gayanya yang sangat sederhana. Dia juga merupakan sosok pengajar luar biasa dimana selain membaptis, dia juga mengajar dan menyerukan pertobatan kepada banyak orang agar berbalik pada jalan yang benar. Roh Allah betul-betul nyata dan bekerja dalam dirinya.
Kelahirannya di dunia sudah direncanakan oleh Allah sendiri dengan sedemikian rupa sehingga Yohanes nantinya akan dipakai Allah sebagai pembuka jalan keselamatan Allah setelah sekian lama kaum Israel menanti-nantikan keselamatan itu. Kalau teman-teman membaca kisah hidup Yohanes Pembaptis dalam Kitab Suci, tugas-tugasnya juga hampir sama dengan Nabi lainnya. Perbedaannya, dia betul-betul berperan sebagai Tim Perintis Jalan Keselamatan Allah: pembuka jalur kedatangan Yesus Kristus di dunia. Yohanes berperan sebagai Tim Perintis Jalan Keselamatan Allah agar karya keselamatan Allah BETUL-BETUL sampai ke dunia. 
Jaman sekarang ini kalau kita melihat kehidupan di sekitar kita, ada banyak anak muda jaman sekarang yang mulai jauh dari Tuhan bahkan sampai ada yang lari dari Tuhan, seperti berfoya-foya, hidup dalam pergaulan bebas, atau mementingkan kegiatan luar ketimbang berdoa dan membaca Kitab Suci. Faktornya juga banyak, salah satunya karena kehidupan duniawi yang tentu lebih menggiurkan. Padahal barang-barang duniawi tersebut toh tidak menjamin keselamatan kita di akhirat nanti. Oleh karena itu, kita sebagai kaum muda perlu mengajak mereka kembali ke jalan yang benar. Bagaimana caranya? JADILAH YOHANES PEMBAPTIS MASA KINI! Dimana kita kembali membuka jalan bagi mereka sehingga Terang Kristus akan kembali masuk dan memberikan sukacita yang besar bagi teman-teman kita. Sederhana saja, kita doakan mereka dan menasihati mereka karena kita tahu sendiri: "Teman yang baik itu adalah teman yang mau menegur atas kesalahan teman mereka". Bukan hanya mereka saja, kita pun juga harus berbuat demikian jika kita mulai mengarah pada jalan yang salah. Caranya dengan memperbaiki hati kita dan berdoa agar jalan hati kita terbuka kembali sehingga Roh Allah dapat masuk dan menguasai hati kita. Sesederhana apapun hal yang kita lakukan, asal dilakukan dengan tulus dan murni pasti akan berbuah sangat besar dalam diri kita dan bagi kemuliaan Tuhan.
Jadi, dalam perayaan hari kelahiran Santo Yohanes Pembaptis yang jatuh pada hari ini, kita lahirkan jiwa Santo Yohanes Pembaptis dalam diri kita, agar kita bisa membantu membuka jalan keselamatan dalam hati teman-teman dan sesama, okay? 

God Bless You! ^.^

[BRNDT]